Membuat VLAN id

Membuat VLAN id

kali ini saya akan menjelaskan tentang tutorial/langkah langkah membuat VLAN id, VLAN id ini dibutuhkan ketika membuat VM (Virtual Machine) . Ini langkah langkah yang saya lakukan :

1. Buka Winbox Mikrotik


2. Masuk ke menu Interfaces, lalu klik tanda + dan pada Option optionnya kalian klik VLAN dan isikan sesuai dengan apa yang perlu kalian isi ..


  • Name : isi sesuai keinginan kalian
  • Type : VLAN
  • MTU : 1500
  • L2 MTU : kosongkan saja (terisi otomatis)
  • MAC Addres : kosongkan saja ( akan terisi otomatis)
  • ARP : enabled
  • VLAN ID : isi terserah kalian namun yang blm biasa digunakan orang lain 
  • Interface : kalian gunakan port yang terhubung dengan server kalian (saya menggunakan ether 3)
  • klik apply lalu ok
3.  setelah itu, kalian masuk ke menu IP => Addresses , isikan IP address terserah anda dan sesuai keinginan anda ..


klik apply lalu ok

4. Sesudah IP , kalian masuk ke menu IP => Firewall => NAT .
isikan :

  • Chain : srcnat 
  • Src. Address : Ip yang kalian buat tadi, namun digit paling akhir diganti 0 .
    contoh : Saya tadi membuat IP : 192.168.24.7/29 , maka yang saya isikan adalah : 192.168.24.0/29
  • lalu di bagian action kalian pilih masquerade
  • klik Apply lalu ok



5. Buka New Terminal , lalu PING IP anda ...



Semoga Bermanfaat
#SalamOpenSource

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »